Selasa, 26 Februari 2013

Inilah Tiga Faktor Penyebab Kecelakaan Motor

Kemacetan ibu kota Jakarta memang sudah semakin bertambah, jumlah kecelakaan juga terus meningkat jumlahnya. Rata-rata, korban kecelakaan didominasi oleh para pengendara sepeda motor.

Tanpa disadari oleh bikers dan masyarakat umum, kecelakaan bisa menimpa kapan dan dimana saja. Kurangnya kesadaran berkendara masyarakat membuat nyawa hilang sia-sia.
Walau banyaknya club maupun komunitas motor kerap menggalakan kampanye keselamatan berkendara (safety riding), namun kecelakaan terus meningkat jumlahnya.

Setiap hari, 89 nyawa hilang sia-sia karena kurangnya kesadaran selama berkendara.  Dari data kecelakaan yang terus membengkak setiap bulannya, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata ikut angkat bicara.

Gunadi mengaku, angka kecelakaan yang meningkat dan hampir terjadi setiap hari karena disebabkan tiga faktor. Penyebab tersebut adalah infrastruktur, kedisiplinan pengendara motor dan mengabaikan safety riding (keselamatan berkendara).

Tiga hal yang menyebabkan mudahnya kecelakaan terjadi. Tiga faktor yang wajib diwaspadai oleh pengendara motor agar terhindar dari kecelakaan.

Jalanan (infrastruktur) di Jakarta tidak semuanya mulus, kadang bergelombang dan berlubang. Selain itu, kedisiplinan dan kurangnya pemahaman tentang safety riding, paparnya, disela press conference HUT AISI ke 42 tahun, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta belum lama ini.

Gunadi menambahkan, selama ini korban kecelakaan merupakan pengguna sepeda motor yang ugal-ugalan dan tidak tertib peraturan. Selain itu mengabaikan keselamatan berkendara dan tidak mengetahui jalanan yang dilewati.

Tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI), motor tidak dilengkapi dengan kelengkapan standar dan kerap tidak tertib. Karena itu, kecelakaan sangat mudah terjadi.

Oleh Karena itu, kami akan menggelar seminar tentang keselamatan berkendara, tambahnya. Selain tiga faktor diatas, penyebab kecelakaan adalah menggunakan spare part palsu yang banyak beredar dipasaran seperti kampas rem, tali rem, rantai, shock breaker dan lain-lain.

Sumber : www.itoday.co.id
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar